Pendakian Gunung Merbabu

Sedikit cerita tentang Gunung Merbabu, Gunung Merbabu berasal dari kata "meru" yang berarti gunung dan "babu" yang berarti wanita, gunung merbabu menjadi salah satu gunung terpopuler untuk di daki karna memiliki view sabana yang indah, gunung merbabu terletak di Jawa Tengah dengan puncak tertingginya "Kenteng Songo" 3142 Mdpl.
Gunung Merbabu pun letaknya berdekatan dengan gunung merapi di sebelah selatannya, untuk mendaki gunung merbabu kita bisa melewati 4 jalur pendakian diantaranya :
  • Jalur Selo (Boyolali)
  • Jalur Wekas (Magelang)
  • Jalur Cunthel (Magelang)
  • Jalur Thekelan (Magelang)
  • Jalur Suwanting (Magelang)
Kalian bisa memilih untuk start pendakian dari 4 jalur resmi di gunung merbabu, kali ini gue sendiri bakalan jabarin estimasi biaya pendakian, waktu & medan track yang di lewatin. Postingan kali ini jalur yang gue lewatin bersama team di pendakian gunung merbabu via Selo (boyolali).

29 Maret 2016
Kali ini untuk pendakian gunung merbabu berjumlah 2 orang saya sendiri dan Faizun tanggal 29-04-2016, dan teman saya berangkat tanggal 30-04-2016 dari jepara,rencana lewat jalur selo dan kita mau ketemuan di sabana 1, sebenarnya ini ke-4 kalinya saya ke G.Merbabu,dan kali ini saya nganter temen saya. Perjalanan dimulai dari kudus menggunakan motor sekiranya menempuh waktu kisaran 4-5 jam, kita pun berangkat dari jam 16.00 sore dari kudus, dan pada saat sampai semarang hujan sangat lebat  kita menepi dulu di pom bensin sambil menunggu hujan reda, jam 18.30  hujan mulai reda, kita melanjutka perjalanan lagi dan sampai di basecamp kita jam 21.30. kita langsung memakirkan kendaraan kami dan langsung menuju ke basecamp pak Bari, kemudian kita istirahat untuk melanjutkan perjalanan pada esok harinya.
Waktu menunjukkan jam 07.30 terbangun dari tidur yang kurang nyanyak karena udara yang sangat dingin, teman saya Faizun tertidur dengan nyenyaknya serasa tidur dirumahnya sendiri, kemudian saya bangunin dan kita sarapan dan re-packing buat memulai pendakian agak pagi biar bisa lebih santai-santai di jalur pendakiannya.

Pagi itu sekiranya pukul 05.00 gue dan team langsung bangun buat langsung kepasar yang letaknya engga jauh dari rumah pak nardi, setelah selesai belanja logistik team langsung re-packing buat memulai pendakian agak pagi biar bisa lebih santai-santai di jalur pendakiannya.
Ladang sayuran dekat basecamp
Tepat pukul 09.00 kami membayar simaksi 15.000/org (sudah termasuk tiket masuk & segala asuransi pendakian Taman Nasional Gunung Merbabu)
Setelah pengurusan simaksi selesai kami pun segera mempersiapkan segalanya untuk pendakian termasuk air, karna di jalur selo ini tidak terdapat sumber mata air... jadi tempat pengisian air terakhir cuma terdapat di pos pendaftaran simaksi.

PLANG TNGM - POS 1 (Dok Malang)
Pendakian kami dimulai dari plang taman nasional gunung merbabu menuju pos 1, ohhiya untuk mencapai camp area bisa membutuhkan waktu 7-8 jam pendakian itu tergantung fisik masing-masing & bisa lebih cepat juga, di awal jalur kita memasuki hutan yang masih agak tertutup... jadi agak adem karna matahari sedikit tertutup pepohonan rindang, karakter jalur dari plang tngm menuju pos 1 itu tanah-tanah liat menanjak, saat itu cuaca cerah jadi tracknya engga basah, mungkin kalo track tanah ini agak basah lumayan licin juga di lewatinnya.
Waktu menunjukan pukul 09.50 di pos 1, estimasi yang gue dapet untuk menuju Pos 1 50menit, waktu yang lumayan cepet sampe di pos 1 & kita mutusin buat istirahat sebentar di pos 1

Di pos 1 ini cuacanya cukup adem buat beristirahat sejenak karna masih di dalam hutan, di pos 1 juga tersedia sebidang lapak untuk mendirikan tenda tapi view belum kelihatan karna masih tertutup pepohonan, yaaa tapi sayang juga kalo ngediriin tenda di pos 1, karna masih jauh perjalanannya hehehe.

POS 1 - POS 2 (Pandean)
Sekiranya 10 menit waktu yang cukup untuk beristirahat di pos 1 kita langsung lanjutin perjalanan ke pos 2, karna kita takut kesiangan cuaca jadi terasa panas hehehe, waktu menunjukan pukul 10.00 start dari pos 1, jalur menuju pos 2 masih lumayan tertutup... jadi masih agak adem juga hehehe. Track menuju pos 2 masih berupa tanah dan sedikit-sedikit jalur pun agak terbuka & semakin menanjak untuk sampai di pos 2.

Seperjalanan sampai di pos 2 kami engga abadiin moment karna disini kita udah lumayan kepanasan & track sebelum sampe di pos 2 juga lumayan nanjak, tempat pukul 11.10 kami. POS 2 (Pandean) sudah lumayan terbuka & matahari pun agak terik jadi yaaaa lumayan lah yaa panasnya, di pos 2 team engga lama-lama buat istirahat dan langsung nerusin perjalanan ke POS 3 (Watu Tulis).

POS 2 - POS 3 (Watu Tulis)
Dari Pos 2 team start pukul 10.10 untuk melanjutkan perjalanan menuju Pos 3, Track menuju pos 3 masih di dominasi tanah-tanah semakin menanjak, sepanjang perjalanan untuk ke pos 3 juga sudah terbuka / keluar dari hutan, kalo cuaca lagi cerah panasnya emang lumayan juga hahaha.
Tips aja kalo kalian ngadepin cuaca yang terik selama pendakian buat yang engga mau kulitnya hitam kalian bisa memakai pakaian yang menutupi bagian-bagian kulit atau bisa menggunakan lotion agar terjaga dari sinar matahari.
Di tengah perjalanan kami bertemu 2 orang dari purwokerto namanya Nova dan Igit, kita ngobrol-ngobrol dan ahirnya kita jalan bareng,(ciie jalan bareng kaya pacaran aja)
View yang bisa kalian nikmati sepanjang jalur menuju Pos 3 itu lembah pegunungan dan banyak juga di tumbuhi bunga-bunga edelweiss, view yang semakin keren dan tak lupa juga track yang semakin menanjak hehehe, "Semakin sulit & semakin Kereeeen" .
Buat kalian yang ingin beristirahat sementara selama perjalanan ke pos 3 kalian bisa mencari beberapa pohon untuk berteduh, kalo kalian mutusin buat istirahat di tengah-tengah track pendakian berasa banget panasnya kalo cuaca lagi terik hehehe.

POS 3 (Watu Tulis)
Sekiranya Pukul 11.15 kami pun sampai di POS 3 (Watu Tulis) di pos 3 ini terdapat lapak yang luas yang bisa menampung banyak tenda, di pos 3 juga sudah terlihat view indah Gunung Merapi yang berdiri kokoh. POS 3 (Watu Tulis) juga tidak terdapat sumber mata air...
sepanjang pendakian Gunung Merbabu kita tidak akan menjumpai sumber mata air, jadi alangkah baiknya menghemat air dan membawa persediaan yang cukup banyak.
Di Pos 3 kami memutuskan untuk beristirahat & ngobrol-ngobrol sam pendaki lain

POS 3 - SABANA 1
Setelah beristirahat sekiranya 30 menit di pos 3, team melanjutkan perjalanan pukul 11.45 dari pos 3 menuju Sabana 1, Track yang dilewati untuk mencapai sabana 1 cukup menanjak dan terjal.

Penampakan jalur menuju sabana 1
Type track yang di lewati untuk mencapai sabana 1 berupa tanah dan berdebu, ada baiknya kalian memakai masker / buff untuk menghalangi debu masuk dan mengganggu pernafasan kalian, gue pikir track dari pos 3 menuju sabana 1 emang lumayan terjal...
apa lagi cuaca panas itu bakalan nguras tenaga lebih buat lewatinnya.
View menuju sabana 1 emang bener-bener udah keliatan jelas perbukitan di sepanjang jalur pendakian gunung merbabu & lagi-lagi merapi terlihat mempesona berbalutkan kabut-kabut tipis yang mengelilinginya hahaha.

Sabana 1 Via Selo
Pukul 13.00 team pun sampai di Sabana 1. Di sabana 1 terdapat lapak luas dan banyak pendaki yang mendirikan tenda di sabana 1, di sabana 1 ini view nya bener-bener indah jadi engga heran banyak pendaki ngecamp disini. View yang bisa kita nikmati yaitu padang Savanna yang membentang luas yang jadi ciri khas Gunung Merbabu dan Gunung Merapi juga masih bisa terlihat dari sabana 1. Akhirnya kita bongkar piranti kita dan mendirikan tenda, istirahat sambil bersendagurau sama pendaki lain untuk besok melanjutkan perjalanan menuju puncak.

SABANA 1 - Puncak
Keesokan harinya jam menunjukkan 03.00 kami terbangun oleh suara alrm, kemudian kita masak untuk ngisi tenaga buat menuju ke puncak. Jam 03.30  kami pun melanjutkan perjalanan menuju puncak, sebelum menuju puncak kita melewati SABANA 2 terlebih dahulu, Di Sabana 2 lapak nya lumayan luas & biasanya pendaki jadiin sabana 2 buat camp terakhirnya, tapi denger-denger dari pendaki yang kita temuin diperjalanan agak ke depan lagi dari sabana 2 suka banyak juga yang buat camp karna lebih banyak pepohonan ketimbang di sabana 2 yang pepohonannya sedikit... eeeiitss tapi ada yang bilang di deket puncak trianggulasi puncak sebelum kenteng songo juga ada pendaki yang suka diriin tenda lohhh..., tapi cuma muat beberapa tenda aja.

Dari Sabana 2 untuk summit ke puncak kenteng songo / puncak tertinggi dari gunung merbabu kisaran 50-60 menit. Pendakian gunung merbabu via Selo ini kita bakalan ngedapetin 2 puncak, yaitu puncak Trianggulasi 3141 mdpl & yang tertinggi Puncak Kenteng Songo 3142 mdpl, selisihnya sedikit diantara kedua puncak itu sih... jadi engga ada salahnya kalian cobain kedua puncaknya hehehe.

Setelah melewati SABANA 2 kemudian kita melewati watu lumpang disini juga ada lapak buat ngecamp, tapi lumayan kecil dan tidak ada pepohonan, apabila cuaca hujan badai tenda langsung bisa terkena angin. berhenti beberapa menit di lanjut perjalanan ke puncak, disini jalur sangat nanjak terus dan cukup menguras tenaga, diperjalanan menuju puncak ada pertigaan. Ke kiri menuju puncak triangulasi dan kekanan menuju puncak kenteng songo

Jalur menuju puncak (foto diambil sesudah dari puncak)

Sampai di puncak sekitar jam 05.00, dan saya yang terlebih dulu sampai dipuncak teman saya Faizun masih dibawah bersama 2 orang yang dari purwokerto, dan saya menunggu kurang lebih setengah jam-an dan kedinginan ahirnya mereka sampai puncak, suasana di puncak sudah lumayan rame.
Suasana di puncak kenteng songo

Kita kemudian ngobrol-ngobrol sama pendaki lain dan disitu kita berkenalan dengan orang Temanggung namanya Mas Ditto (yang dipostingan saya sebelumnya kita naik sindoro bareng) dan kita ngobrol-ngobrol sampai mentari pagi menyambut, dan tidak lupa kita mengabadikan foto, disaat cuaca sudah cerah saya ketemu teman saya yang dari jepara,ternyata dia camp di pos 3,karena temannya ada yang sudah nggak kuat ngelanjutin sampai SABANA 1, kemudian kita ngabadin foto bersama.
Kenteng songo, dari kiri (Faizun,Nova,Igit,Saya,Jadul,dan temannya Jadul)

Sudah cukup lama team narsis di puncak kenteng songo lalu kita langsung tancaaap ke Puncak Trianggulasi.!!! dari puncak kenteng songo ke puncak trianggulasi engga lama kok... kisaran 10 menitan.

Trianggulasi,foto sama pendaki lain

Inilah mas Ditto

Dari Puncak Kenteng Songo & Puncak Trianggulasi kita bisa ngeliat banyak view, contohnya view sabana 1, sabana 2 dari ketinggian & Gunung Merapi yang berdiri kokoh... eitsss masih ada lagi view yang bisa kita liat dari kedua puncak ini lohh... kita juga bisa ngeliat perbukitan yang jadi jalur pendakian di sekitar gunung merbabu, kalau kabut lagi menghilang kita juga bisa ngeliat Gunung Sindoro & Sumbing yang berdekatan, cieee berdekatan... terus kita kapan neng.?? hahaha.

Setelah puas nikmatin ciptaan tuhan yang bener-bener engga ada abisnya dikasih buat di nikmatin sama manusia.
Bersyukurlah kita sama Allah telah menciptakan bumi dan isinya yang begitu sempurna, sekali lagi terimakasih yaAllah atas semua nikmatmu.